Amalan yang bisa membawa ke Surga

Pernahkah kita berfikir apakah amalan kita diterima Allah SWT? pernahkah kita berfikir apakah dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT?

Jika diasumsikan amal ibadah kita (solat, puasa, zakat, sedekah, infaq, berbuat baik ke tetangga, menghormati orang tua, guru, dll) diterima Allah SWT. Apakah itu cukup untuk membeli tiket surga? Tanyakan pada lubuk hati yang paling dalam.

Ada sebuah kisah (entah ini benar atau  tidak, entah hadits atau cerita darimana sumbernya). Dahulu ada orang yang sangat alim dan soleh, lalu kemudia dia meninggal. Ketika itu, ditimbang amal perbuatannya, ternyata hanya mampu membalas nikmat mata saja. Tidak bisa membalas nikmat hidung, telinga, kesehatan, kekayaan, dan nikmat-nikmat lainnya, apalagi untuk membeli tiket surga, gak mampu. (Padahal dia orang yang sangat alim dan soleh), apalagi hanya kita?

Di lain sisi, ada seorang PSK dair Bani Israil yang masuk surga memberi minum seekor anjing. Di lain sisi, ketika zaman nabi ada seorang wanita yang mengerjakan ibadah dengan sangat baik, namun menyakiti kucing dan akhirnya dia masuk neraka.

Dan kisah tentang seorang ulama yang telah menulis banyak kitab dan menjadi rujukan orang2 setelahnya, namun hal yang membuatnya masuk surga hanyalah karena menghormati seekor lalat. (bukan karena kitab-kitab yang dimilikinya).

Secara dzohir, tidak ada istimewanya memberi minum anjing. Apa bedanya dengan seorang penggembala kambing yang memberi minum kambingnya? gak ada bedanya secara dzohir.

Yang menjadi perbedaan adalah karena amalan batin nya. Seorang PSK begitu ikhlas memberi minum anjing itu karena dia ingin membantu makhluk Allah. Di hatinya tidak ada sama sekali harapan untuk dipuji oleh manusia, atau mendapat balasan dari makhluk yang dibantunya. Atas amalan batik itulah, Allah memberi rahmat-Nya, sehingga ia bisa masuk kedalam surga.

Keikhlasan berbuat karena Allah (Tidak Riya), ketawadu’an (Tidak sombong), Kebahagiaan ketika melihat orang lain mendapat nikmat (Tidak Dengki),  Memaafkan (Tidak Dendam), adalah amalan2 batin yang insya Allah bisa medatangkan Rahmat Allah SWT. Karena hanya dengan Rahmat Allah lah, kita bisa masuk surga.

Namun, mohon jangan disalah artikan!!!.. Pentingnya amalan batin tidak serta merta mengkerdilkan peran amalan lahir. Mentang-mentang amalan batin adalah hal yg utama, maka amalan lahir ditinggalkan. Itu adalah hal yang SALAH BESAR!!!

Untuk mencapai tingkatan amalan batin tersebut, haruslah diawali dengan amalan lahir. Amalan lahir yang berkesinambungan dan terus menerus akan membuat hati kita menjadi bersih. Solat tahajud yang terus menerus, solat dhuha yang terus menerus, tadarus dan mentadaburi Al Qur’an secara terus menerus, menghadiri majlis ilmu yang secara terus menerus akan bisa mendatangkan amalan batin tersebut. Dan amalan batin tersebutlah yang bisa mendatangkan Rahmat Allah, dan hanya karena Rahmat-Nya lah kita masuk surga.

Pernah ada sebuah kisah tentang seorang sahabat Nabi yang sangat baik (saya lupa namanya). Beliau dahulu adalah seorang yang tidak beriman kepada Nabi. Beliau bukanlah seorang Muslim. Meskipun bukan seorang muslim, Beliau adalah orang yang sangaaat baik. Akhlaknya kepada muslim sangat baik. Senang membantu orang, tidak menyakiti tetangga, menyantuni fakir miskin, membantu orang yang kesulitan, menghormati orang yang lebih tua, menyayangi anak yatim, dan hal-hal baik lainnya.

Ketika beliau masuk Islam, beliau bertanya kepada Nabi apakah amalan-amalan yang sebelum menjadi muslim itu diterima Allah? Nabi menjawab TIDAK!!!. Tapi karena amal baikmu itulah Allah berikan hidayah kepadamu, dan hidayah dari Allah itu adalag hal yang sangat mahal dan tidak bisa ditukar dengan harta.

Amalan Lahir yang terus menerus —– Amalan Batin —- Rahmat Allah —-

Untuk mendapat rahmat dari Allah, hati kita harus tawaddu’ dan ikhlas. Dan untuk mendapatkan hati yang ikhlas dan tawaddu’, kita harus beribadah dengan konsisten dan terus menerus. Semoga Allah menetapkan hati kita untuk istiqomah di jalan-Nya, Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s