Prosedur Naik Haji Dari Taiwan

Hari ini, atas izin Allah ane pergi ke kantor CMA (Chinese Muslim Association), semacam MUI nya Taiwan gituh deh, tapi kayaknya bukan semacam MUI deh, karena entah ada ulama nya atau tidak di dalamnya, tapi yang jelas CMA ini yg ngurusin kebutuhannya muslim di Taiwan, dari mulai sertifikasi makanan halal, hingga keberangkatan jamaah haji.

Ane nanya2 prosedur naik haji dari Taiwan gan. Dari dokumen apa saja yang dibutuhkan hingga biaya yang dibutuhkan untuk menunaikan ibadah haji sebagai jamaah Haji dari Taiwan. Yang jelas ane Gak nanya bagaimana prosedur menikah dengan orang Taiwan. (bisa diceramahin dua malam ama babeh).

Okeh, balik lagi ke Prosedur Naik Haji Dari Taiwan. Dokumen apa aja sih yang dibutuhkan? Berikut penjelasannya

  1. Copy ARC
  2. Photo 10 lembar. (ukuran nya mirip dengan kalau kita apply Visa Taiwan di TETO Jakarta). Background nya putih yah Gan, jangan background biru, nanti dikira orang mau daftar ke KUA.
  3. Ngisi Form yang dikasih di CMA. Ini form ditulis dalam bahasa Mandarin, nanti kalau kita udah daftar, kita akan dibimbing ngisi form nya, tenang aja.
  4. Surat Keterangan Mahasiswa.. Ane gagal paham gan kenapa ini perlu. Kayaknya hanya untuk memastikan bahwa orang yang daftar adalah orang yang bener2 ada kerjaan di Taipei, bukan narapidana. (mereka mungkin ragu ngelihat wajah ane yg tampangnya kriminal gan, hehe).
  5. Surat Keterangan Medcheck. Nanti kita ke RS, terus Medcheck, dan hasil Medcheck nya itu dikasih ke CMA. RS mana yang dimaksud? RS mana aja gan, yg jelas bukan di RSHS atau RSCM.
  6. Surat Keterangan dari Imam Masjid. Surat ini hanya berisi tanda tangan dari Imam Masjid tempat kita tinggal. Gimana cara dapetinnya? Gampang gan, asalkan si Imam pernah lihat muka kita, beliau mau tanda tangan kok. Tapi kalau Gak pernah lihat muka kita, wah agak susah kayaknya.

Itulah dokumen2 yang dibutuhkan untuk mendaftar Haji sebagai Jamaah Haji Taiwan. Lalu, biaya nya berapa?

Tahun ini (1436 H), biaya yang dibutuhkan untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci sebagai Jamaah Haji Taiwan adalah 140,000 NTD. Apakah ini sudah Total? Belum gan. ada biaya lainnya. Yaitu untuk Medcheck sebesar 1,000 NTD, dan untuk Arabic Service Fee sebesar 9,000 NTD. Sejujurnya ane gak begitu paham apa itu Arabic Service Fee. Katanya surat/dokumen untuk masuk tanah suci (bukan Visa). Jadi totalnya adalah 140,000 NTD + 1,000 NTD + 9,000 NTD = 150,000 NTD. 

Bagaimana untuk tahun depan, katanya yang kemungkinan berubah adalah ONH nya gan, kalau tahun ini 140,000 NTD, tahun depan mungkin 150,000 NTD. Jadi totalnya untuk tahun depan bisa 150,000 NTD + 1,000 NTD + 9,000 NTD = 160,000 NTD. 

Kapan Deadline nya? Deadline nya itu antara Januari atau Februari. Jadi untuk keberangkatan tahun ini sudah ditutup. Jika agan berminat menunaikan rukun Islam yang kelima tahun depan, jangan lupa daftar di bulan Januari atau Februari.

Semoga Allah mengizinkan kita untuk menunaikannya yah Gan. Aamiin.

Labbaikallahumma Labbaik. Labbaika La Syarika Laka Labbaik. Innal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk, Laa Syarikalak.

Kaaba_at_night

Ka’bah

4 thoughts on “Prosedur Naik Haji Dari Taiwan

  1. Wiihh informasinya bagus mas… makasih mas adil ^^ soalnya kapan hari pas ikut ceramah jumatan di hsinchu, yang ceramah bilang biayanya 125.000 NTD. Jadi sudah update nih harganya sekarang.
    trus kalo yang nikah sama orang taiwan gimana mas? tanya juga ga? kali mas adil mau daftar juga… xixixi :p

    • sama2 tan.
      beberapa taun lalu 100,000 NTD tan.. tahun ini 140,000 NTD. entah tahun depan… Angka 150,000 NTD itu adalah estimasi dari pihak CMA…

      haha. bisa diceramahin dua hari dua malam tan kalau aku mau menikah dengan orang luar Indonesia, hehe.

      Semoga bisa naik haji dari sini tan… Gak ngantri untuk menyelesaikan Rukun Islam kelima. Aamiin

  2. Afwan mas…. Kalo naik haji dari sini… kira kira nunggu’nya selamaaaaa kayak di Indonesia ndak ya? Di indonesia udah sampe tahun 2029😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s