Tiga Nasihat Imam Ja’far Shoddiq

Dahulu, ada ulama besar yang merupakan keturunan Rasulullah SAW. Beliau adalah Imam Ja’far Shoddiq. Nasab nya sampai Rasulullah adalah Ja’far Shoddiq bin Muhammad Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Ali dan Fatimah binti Muhammad SAW.

Imam Ja’far Shoddiq pernah menyampaikan tiga pesan kepada murid nya.

1. Jangan remehkan sebuah kebaikan, karena mungkin Ridho Allah ada disana.

Alkisah, ada seorang Pegulat tangguh dari Baghdad, yang bernama Junaid. Beliau seorang pegulat tangguh yang tidak terkalahkan di Iraq. Setiap tahun, diadakan pertandingan Gulat di Iraq. Sang Raja mengumumkan, siapakah yang akan melawan Junaid sang juara bertahan? yang mengalahkan nya akan mendapat hadiah.

Muncullah seorang yang sudah tua dan berbadan kurus. dia siap untuk melawan Junaid dalam pertandingan gulat tersebut. “Aah, ini pasti mudah aku kalahkan” Bisik junaid dalam hati. kemudian mendekatlah orang tua tersebut dan membisikkan sesuatu ke telinga junaid.

Ya Abal Qosim (Sebutan untuk Junaid), sesungguhnya aku memiliki istri dan anak yang kelaparan. Saya membutuhkan hadiah ini untuk memberi makan anak dan istri saya.” Ucap orang tua tersebut.

Hati junaid bimbang, apakah ia harus mempertahankan status juara bertahannya untuk menjaga nama besarnya, atau kah ia mengalah demi seorang bapak yang sedang mencari makan untuk anak dan istrinya. Akhirnya ia kesampingkan ego nya, ia pun berpura-pura bergulat agar bisa dikalahkan oleh sang orang tua tersebut. Junaid pun mengalah untuk menang.

Malam harinya, Junaid bermimpi didatangi oleh Rasulullah. “Wahai Junaid, sesungguhnya orang tua yang tadi siang bergulat dengan mu adalah cucu ku. Dan sesungguhnya Allah Ridho akan amalan mu“.

Suatu amal perbuatan sederhana, tetapi Ridho Allah ada didalamnya. Sejak itu, Junaid mendalami ilmu Agama dan menjadi ulama besar yang terkenal dengan nama Syekh Junaid Al Baghdadi. Beliau merupakan satu dari 3 ulama tasawwuf terbesar sepanjang massa. Syekh Abdul Qodir Jaelani, Imam Ghozali, dan Syekh Junaid Al Baghdadi.

2. Jangan Remehkan sebuah dosa, karena mungkin ada murka Allah disana

Alkisah, ada seorang wanita solihah yang ahli ibadah. Dia jalankan solat dengan baik, puasa dengan baik, dan amal soleh lainnya.

Suatu ketika, dia menangkap seekor kucing, dia tidak memberi nya makan, dan tidak pula melepaskannya agar kucing itu mencari makan sendiri. Maka Rasulullah bersabda bahwa tempatnya di Neraka.

Suatu perbuatan dosa yang sederhana, namun disana ada Murka Allah. Maka hendaknya kita tidak meremahkan dosa sekecil apapun.

3. Sesungguhnya Allah menyembunyikan wali atau kekasih – Nya diantara lautan manusia

Alkisah ada seorang ulama besar sedang berjalan menuju rumah. DI tengah jalan, terdapat seorang Gembel yang sedang duduk dijalan, sehingga sang ulama merasa kesulitan untuk melewati jalan tersebut.

Dalam hati sang ulama berkata. “Sungguh tidak layak seorang gembel nan miskin menghalangi jalan seorang Ulama besar”.

Esoknya, ketika beliau ingin memberikan ilmu pada suatu majelis, tiba-tiba hilang semua ingatan akan ilmu nya. Beliau pun akhirnya beristighfar memohon ampun kepada Allah dan mencari gembel tersebut untuk meminta maaf. Atas izin Allah, Ilmu ulama tersebut kembali lagi.

Maka, tidak heran ketika Umar Bin Khattab RA berkata. Ketika aku melihat orang yang lebih muda, aku berfikir jika setiap hari kita sama-sama melakukan dosa, maka dosaku lebih banyak. Dan ketika aku melihat orang yang lebih tua. Aku akan berfikir, jika setiap hari aku dan dia melakukan kebaikan, maka kebaikan yang dimiliki nya lebih baik. Perasaan ini dapat menjaga hati kita agar tidak mudah meremehkan Manusia lain nya, karena mungkin saja orang yang kita hina merupakan kekasih Allah yang Mulia

Semoga kita bisa menjalankan tiga pesan Imam Jafar Shoddiq dalam kehidupan kita. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s