Kiyai Kampung

Kemuliaan seseorang acapkali berhubungan dengan kedudukan, harta, profesi yang popular, ilmu pengetahuan, paras, dan hal-hal lain yang bisa diterawang oleh panca indra dan atau nalar manusia. Pengusaha sukses dihormati karena harta nya. Dokter dihormati karena profesi nya yang popular. Dosen dihormati karena ilmu pengetahuannya, dan lain sebagainya.

Apa hakikat kemuliaan yang sesungguhnya? Hakikat kemuliaan yang sesungguhnya adalah ketika Allah ridho terhadap apa yang kita lakukan, dan ketika apa yang kita lakukan memberi manfaat walaupun sedikit.

Sosok kiyai kampung adalah sebuah pekerjaan yang sangat mulia. Insan yang mengajari bocah-bocah cilik untuk mengeja huruf hijaiyah. Sosok tua yang menjadi imam masjid di pojok desa yang penerangan pun belum sempurna. Mereka lah para wali-wali Allah yang membuat Allah ridho kepada mereka, dan mereka ridho kepada ketentuan Allah.

Semoga Allah memuliakan para kiyai-kiyai di kampung-kampung yang mengajarkan A Ba Ta Tsa tanpa perlu direkam oleh media mainstream. Semoga kita bisa meneladani keikhlasan para kiyai kampung dalam menyebarkan agama ALLAH tanpa hingar bingar pujian dan tepuk tangan manusia, Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s