Ekonomi atau Keselamatan?

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang sedang musim wabah virus corona (covid-19). Banyak negara-negara melarang aktivitas yang berkaitan dengan kerumunan masal. Institusi pendidikan, dan beberapa industri menerapkan work from home. Tidak sedikit juga perusahaan yang menutup aktivitas bisnis nya karena turunnya permintaan konsumen. Tukang ojek online ataupun offline pun sudah semakin sepi pelanggan.

Virus corona membuat banyak kekacauan di negara-negara di Dunia. Makhluk kecil yang tidak terlihat mampu membuat kekacauan di seluruh dunia. Itulah tanda lemahnya manusia, dan jika Allah berkehendak, apapun akan terjadi.

Aku berfikiri, manakah yang lebih utama? mengutamakan keselamatan atau menjaga stabilitas ekonomi?

Jika keselamatan ini bersifat jelas dan terukur, tentu tak ragu kita harus utamakan keselamatan. (Contoh, orang-orang bekerja di ketinggian harus pakai alat pelindung diri). COntoh lain (pakai helm kalau bepergian, atau hal-hal yang dapat terukur dengan jelas). Untuk hal-hal seperti ini, keselamatan harus diutamakan.

Namun, jika kondisi nya terkait hal-hal yang tidak kasat mata. (Virus dengan ukuran yang sangat kecil). apakah tindakan preventive untuk mencegah hal-hal yang tidak kasat mata dengan mengorbankan stabilitas ekonomi lebih diutamakan?

Banyak buruh harian yang kehilangan pendapatan, banyak pedagang asongan yang semakin sulit mencari makan. Dan banyak lagi pihak-pihak yang menerima dampak terkait adanya pembatasan aktivitas kerumunan masal. (Untuk sesuatu yang masih tidak jelas keberadaaannya).

Manakah yang lebih diutamakan? Aku pun tak tahu. karena aku bukanlah ahli ekonomi ataupun ahli kesehatan, apalagi aktivis kemanusiaan. Aku hanyalah seorang insinyur di sebuah industri manufacturing yang masih ALLAH karuniai pekerjaan ditengah wabah virus corona ini. Tapi satu hal yang pasti, kita harus senantia menggantungkan nasib kita kepada ALLAH SWT yang maha kaya. Semoga ALLAH SWT senantiasa melindungi kita semua. aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s