Terkadang Dosa itu adalah Berkah

Seringkali, dari sudut pandang manusia, dosa adalah suatu hal yang hina. Dalam beberapa kisah, memang benar bahwa dosa membawa pelaku nya menuju kehinaan. Masih ingat kan dengan kisah kiyai Barsiso yang sudah taat selama bertahun-tahun, yang kemudian jatuh dalam rayuan iblis untuk berbuat dosa besar karena ingin beribadah lebih banyak lagi, yang malah membuat ia jatuh dalam kehinaan.

Namun, ada suatu kondisi dimana dosa itu adalah sebuah keberkahan. Yaitu ketika dosa yang tidak disengaja yang secara tidak langsung menegur seorang yang sering beribadah dan berbuat baik agar tidak Ujub dan mengagumi diri nya sendiri.

Sebuah contoh yaitu ketika seseorang senang bersedekah dan berbuat baik, kemudian terbentuklah citra di masyarakat bahwa ia adalah orang baik. Hal ini membuat ia melayang terbang dan hampir menuju suatu titik ujub. Kemudian secara tidak sengaja, dia berbuat dosa dan membuat citra baik dia di hadapan masyarakat menjadi luntur. Dia pun akhirnya menyadari bahwa dia hampir ujub, dan kemudian beristighfar meminta ampun kepada ALLAH. Yang akhirnya Allah pun mengangkat derajatnya sebab ALLAH ridho kepada nya sebagai hamba yang bertaubat.

Namun, perlu diingat bahwa kita tidak boleh meremehkan sebuah Dosa, karena kita tidak tahu dosa mana yang akan membawa kita ke neraka. Dan janganlah kita meremehkan suatu kebaikan, karena kita tidak tahu kebaikan mana yang membuat ALLAH ridho dan membawa kita ke syurga dengan Ridho-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s