Nur Muhammad Malikul Adil

Nur Muhammad Malikul Adil [2013]

Pria yang memiliki nama lengkap Nur Muhammad Malikul Adil ini lahir di Cirebon, 5 Desember 1989. Tumbuh dan berkembang di keluarga sederhana yang mengedepankan pendidikan agama menjadikannya pribadi yang senang belajar dan cinta akan ilmu pengetahuan. Seperti bocah kampung pada umumnya, penulis menghabiskan massa-massa kecil dengan bermain dan belajar di tanah kelahirannya hingga jenjang SMA.

Seusai menamatkan pendidikan SMA nya, pria berkacamata ini melanjutkan pendidikannya ke Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Institut Teknologi Bandung (ITB). Berbagai aktivitas akademik, entrepreneurship, sosial, politik, hingga keagamaan sering diikutinya selama berkuliah di ITB. Dari pengalamannya itulah, penulis menyadari bahwa kontribusi nyata yang diberikan oleh para akademisi kepada masyarakat masih sangat minim, hal ini yang menggiringnya untuk mengikuti berbagai kompetisi dan diskusi ilmiah sebagai upaya untuk merealisasikan ilmu yang telah dipelajari di kelas.

Atas rahamt Allah SWT, Pria yang lebih akrab disapa Adil ini menjuarai kompetisi Indonesia Mechanical Innovation Challenge (IMIC) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pada tahun 2010.  Dan di tahun yang sama, Pemuda yang hobi menulis ini mendapat kesempatan untuk menjadi delegasi ITB dalam acara Temu Ilmiah Internasional mahasiswa Indonesia (TIIMI) yang diselenggarakan oleh PPI UK di London, Inggris.

Pada tahun 2011, pemuda yang menggemari buah mangga ini lagi-lagi mendapat kesempatan untuk membuka wawasan dan cakrawala baru. Terpilih sebagai penerima Beasiswa Indonesia English language Study program (IELSP) di University of Kansas (USA) sekaligus menjadi duta budaya Indonesia menjadikanya sebagai sosok pembelajar sejati. Pembelajar yang menyadari hakikat dirinya hanyalah seorang yang miskin ilmu yang harus senantiasa belajar.

Kecintaanya terhadap dunia akademik menggiringnya untuk melanjutkan pendidikan pasca sarjananya di Departement of Mechanical Engineering, National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Taipei, Taiwan. Keinginannya yang ingin terus berbagi membuatnya senantiasa menumpahkan ide-ide nya kedalam bentuk tulisan. Penulis sangat berharap semoga blog ini bisa memberi setitik inspirasi untuk pembaca sekalian.

Untuk mengenal Adil lebih dekat ataupun ingin berkomunikasi dengannya, Adil bisa dihubungi di email nurmuhammadmalikuladil@gmail.com atau via twitter di @nmmadil .

19 thoughts on “Nur Muhammad Malikul Adil

  1. mas sy sedang cari info ttg solar cooling, saat ini di NTUST, sy kirim email di gmail antum. sementara tgl di guest house 101. pengin bs konsul dg antum, apakah antum msh di NTUST? terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s